Tips Merawat Helm Agar Tetap Kinclong

Merawat Helm Yang Benar


Helm sebagai pelindung kepala saat mengendarai sepeda motor, harus dalam kondisi baik dan tidak mengganggu kenyamanan ketika dipakai. Akan tetapi masih banyak pengendara sepeda motor yang mengacuhkan kondisi helm yang mereka pakai. Walaupun keadaannya sudah tidak bagus dan baik secara fisik atau kenyamanan.

Banyak faktor yang membuat pemakai helm tidak memperhatikan hal tersebut. Entah tidak sempat, malas merawat, atau memang tidak tahu cara merawat helm yang baik dan benar. Seandainya kondisi helm bagus dan nyaman dipakai, tentu dalam berkendara juga akan lebih terasa nyaman dan betah.

Intip juga tentang: Cara Merawat Motor Yang Benar.

Jika penyebab kondisi helm tidak terawat karena tidak tahu cara merawat helm dengan baik, berikut ini ada beberapa tips merawat helm agar tetap kinclong dan tentunya nyaman dipakai.

Tips merawat helm agar tetap kinclong dan nyaman dipakai, jangan cuci helm pakai sabun atau deterjen.


Perhatikan beberapa hal dibawah ini.

  • Helm Terkena Hujan Sebaiknya Langsung Dicuci.

Air hujan punya pengaruh negatif, tidak hanya bagi komponen sepeda motor, namun juga helm. Karena itu, membersihkan helm setelah terkena air hujan sangat dianjurkan.

Air hujan memiliki kadar asam tinggi, jadi ketika helm terkena hujan langsung dicuci dan dilap kering.
Jika dibiarkan bisa menimbulkan jamur karena helm yang dipakai kena debu kotor, lalu kena air hujan.

Selain bagian luar, kadang air hujan juga masuk ke dalam helm. Pekerjaan utama yang harus dilakukan adalah mengeringkan bagian dalam atau inner dengan alat pengering rambut atau hair dryer dengan suhu rendah. Bila sudah sedikit kering atau lembab, helm dibalik agar kering secara alami.

  • Hindari baret pada kaca Helm atau Visor.

Setiap helm dilengkapi dengan kaca atau visor. Yang berfungsi untuk menghalangi debu, air, dan benda lain agar tidak langsung kena wajah atau mata. Karena fungsinya yang sangat penting, jangan lupa untuk merawat Visor tidak asal-asalan, apabila salah menggunakan bahan pembersih bisa membuatnya tergores.

Jangan membersihkan kaca helm atau visor menggunakan detergen, karena bisa menimbulkan bercak putih jika kurang benar merawatnya. Bercak bisa menghalangi pandangan, apalagi tepat di depan mata.
Mencuci visor cukup menggunakan air bersih saja tanpa deterjen atau cuci di ember berisi air. Tapi sebelumnya lepas dulu visor dari helm.

Setelah bersih, keringkan visor dengan kain khusus. Jangan sekali-kali menggunakan kain berbahan kasar karena bisa menimbulkan baret atau goresan. Usahakan pakai kain microfiber, jangan menggunakan kanebo, karena di kanebo bisa saja menempel kotoran yang mengakibatkan goresan pada kaca helm atau visor dan baret.

  • Letakkan Helm yang Benar agar Tetap Bersih.

Merawat helm tidak hanya sebatas mencuci bagian dalam saja, tapi juga harus tahu cara meletakan helm dengan benar. Biasanya helm yang baru saja digunakan diletakkan begitu saja, padahal meletakkan helm yang benar yaitu dengan dibalik. Kemudian kaca helm atau visor dibuka, agar udara yang berada di dalam atau bekas basah keringat bisa kering.

Untuk mengurangi keringat yang menempel pada busa atau kain bagian dalam helm, disarankan selalu menggunakan balaclava atau pembungkus kepala. Namun memersihkan helm secara rutin tetap harus dilakukan, setidaknya sebulan sekali dibersihkan seperti bagian ventilasi dengan menggunakan cotton bud basah, bagian dalam helm harus tetap dicuci, dan juga cuci kaca atau visor.

  • Cuci Helm dengan Benar

Untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya, ada baiknya helm rutin dicuci. Saat ini banyak ditemukan jasa pencucian helm. Namun bagi Anda yang ingin mencuci sendiri di rumah boleh-boleh saja. Tapi ingat, mencuci helm ada aturannya, jangan cuci helm pakai sabun atau deterjen karena bisa membuat helm jadi rusak.

Beberapa merek helm memiliki bagian dalam atau inner yang bisa dilepas, jika seperti itu cukup bagian dalam saja yang dicuci. Tidak harus sampai styrofoam dicuci juga karena tidak dianjurkan, cukup bahan kainnya saja.

Styrofoam yang terkena sabun atau detergen, bisa cepat rusak dan mengurangi umur helm. Terlebih dicuci menggunakan detergen, karena detergen sifatnya panas, jadi bisa membuat styrofoam memuai dan rontok.

Semoga beberapa hal diatas bermanfaat, terutama bagi anda yang belum mengetahui tips merawat helm agar tetap kinclong dan nyaman dipakai, secara baik dan benar. Silakan dibagikan melalui medsos atau yang lainnya, untuk menambah pengetahuan orang lain tentang cara merawat helm.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Tips Merawat Helm Agar Tetap Kinclong

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Intip Harga
Intip Harga Updated at: Jumat, Februari 12, 2016